Trik Pes 2017 Terbaru, Yakin gamau nyoba ???

Cara menangani Disk yang selalu 100% usage

Cara menangani Disk yang selalu 100% usage 


Pada awalnya kalian mengira bahwa ini merupakan bug dari windows 10 yang pada umumnya banyak sekali isu dan berita yang membicarakan kalau windows 10 adalah OS yang banyak bug atau celah didalamnya. Namun ternyata tidak demikian, faktanya kalau windows 10 adalah sistem yang melibatkan beberapa kelebihan dari fitur sebelumnya dan dikembangkan lalu menambah beberapa yang tidak ada kedalamnya (Hampir aplikasi bawaan seperti webcam, photo viewer + edit, Movies & TV dengan fitur yang lumayan sudah include didalamnya). Sebagian besar dari kalian mungkin mengharapkan performa maksimal ke dalam dekstop kalian, mungkin impian mempunyai OS yang tidak cepat hang dan lag ketika menjalankan aplikasi.

Lalu apa jadinya jika sedang menyalakan komputer dan tidak di apa – apa kan lalu tiba – tiba hang dan lag yang mengakibatkan lambat pada dekstop kalian. Ketika di buka task manager malah disk usage 100% (bukan cpu usage ya), kalian akan dongkol dan marah sendiri, frustasi sampai berniat migrasi os :v.
Nah disini saya akan memberikan tips & trick nya cara mengatasi disk 100% usage tersebut yang disebabkan umumnya oleh service atau layanan konfigurasi tertentu.
Pada dasarnya Windows 10 build terbaru ini memiliki fungsional secara garis besarnya jika awal nya dinyalakan atau pertama kali membuka sebuah aplikasi akan memaksimalkan kinerja disk hingga 90-100%.Tujuan nya agar aplikasi tersebut lebih cepat start up serta dijalankan agar prosesnya untuk beberapa kali tidak memakan waktu lagi, Jadi wajar saja jika disk usage 100% itu terjadi jika dalam waktu 1-2 menit sampai aplikasi atau pada saat windows tersebut dinyalakan.
Ada beberapa layanan lain pada umumnya memakan disk 100% :
  • Service Host Local Service (Network Restricted) ( Berhubungan tentang layanan jaringan yang menurut saya mencari sinyal jaringan lalu menghubungkannya secara otomatis bila sudah disetting).
  • System (Sekumpulan layanan sistem pada win32 yang dijalankan sebagai bagian dari inti core layanannya).
  • Microsoft Compatibility Telemetry.
Pada dua dari 3 layanan tersebut mungkin sering kalian jumpai pada task manager yang selalu makan disk 100% tapi hanya terjadi dalam waktu singkat yaitu maksimal 3 menit saja dan disk usage kembali normal. Tapi cukup aneh memang jika mendadak usage nya hampir 100% terus padahal tidak membuka aplikasi apapun.
iya? memang ini ulah nya service Microsoft Compatibility Telemetry :v. Banyak sebagian dari kalian pasti curiga akan layanan tersebut dan banyak yang searching lalu cuma dapet caranya setengah lalu bingung bagaimana cara mengatasinya.

Sebelum itu mari kita simak apasih Microsoft Compatibility Telemetry tersebut :

Telemetry adalah sebuah proses yang dijalankan secara otomatis, yang dimana data – data dikumpulkan pada hal yang terperinci lalu dikirim kembali ke server,dengan tujuan untuk digunakan berbagai tujuan seperti mengukur, pemantauan dan meningkatkan layanan.

SEPERTI KATA MICROSOFT :

“Telemetri adalah sistem data yang di-upload dengan pengalaman / experience pengguna yang terhubungdengan komponen telemetry. Datatelemetry digunakan untukmengamankan perangkat Windows,serta membantu untukmeningkatkan kualitas layanan Windows. Hal inidigunakan untukmenyediakan layanan kepada pengguna sebagai bagiandariWindows.”
Maka tidak heran service tersebut memakan disk 100% karena terus mengkoleksi data – data kita :v dengan tujuan feedback otomatis tanpa pengguna sadari (pada EULA disebutkan bahwa Microsoft tidak lagi meninjau data pribadi kalian jadi kalian tidak perlu khawatir :v ). Menurut saya ini dilakukan seperti hal umumnya diagnostic dan memberikan data statistic untuk pengembangan build kedepannya, jadi jangan heran microsoft bisa tahu hal – hal apa saja yang penting diperbaiki dengan cepat tanpa perlu meninjau feedback kita satu persatu juga.
Nah Berikut cara mematikan layanan Microsoft Compatibility Telemetry  agar tidak memakan source pada dekstop kita :


Komentar